5 Cara Membantu Anak Anda Belajar Bahasa Inggris di Rumah

Memiliki anak yang fasih berbahasa Inggris adalah impian sebagian besar orang tua, bukan? Ya, itu pasti impian hampir setiap orang tua. Untuk mewujudkan impian mereka, mereka dengan antusias mendaftarkan anak-anak mereka di kursus bahasa Inggris. Selain itu, mereka juga memastikan bahwa lembaga anak-anak menjaga pentingnya kemahiran bahasa Inggris.

Sayangnya, langkah-langkah di atas seringkali berubah menjadi kekesalan ketika orang tua melihat anaknya gagal di sekolah. Kemarahan ini tercermin dalam pembelaan orang tua yang merasa bahwa semua yang mereka lakukan adalah benar. Dalam hal ini, mereka menolak untuk percaya pada gerakan yang mungkin telah mereka lupakan.

Memang, membantu anak-anak belajar bahasa Inggris bukan hanya tentang mengirim mereka ke kursus bahasa Inggris tertentu. Namun, membutuhkan rumah dan orang tua yang dapat menghabiskan waktu dan aktivitasnya untuk mendukung proses belajar bahasa Inggris anak mereka. Seperti yang dikatakan kebanyakan orang, semua hal  baik biasanya dimulai dari rumah.

Artikel ini ditulis khusus untuk siapa saja yang ingin menjadikan kegiatan di rumah sebagai media  belajar bahasa Inggris bagi anak-anak. Tertarik dengan cara melakukannya? Silakan lihat presentasi di bawah ini.

  1. Dimulai dari Anda

“Lihat, bukan anak-anak yang harus belajar? Mengapa kita orang tua dari perguruan tinggi?” Wow, idenya adalah bahwa Anda sebenarnya adalah orang tua dari anak-anak Membimbing Anda untuk tidak mendukung pembelajaran bahasa Inggris proses. Perhatikan bahwa dalam hal ini,  terutama anak-anak yang lebih muda (3-5 tahun) cenderung meniru apa yang dilakukan  orang tuanya. Nah, kecenderungan itu bisa dijadikan peluang untuk membiasakan anak-anak dengan bahasa Inggris.

Anak-anak (5-13 tahun) dan orang dewasa (18 tahun ke atas) membutuhkan orang tua untuk mendorong mereka  belajar bahasa Inggris. Pertanyaan sebenarnya sekarang adalah bagaimana orang tua dapat melakukan ini. Jawabannya sederhana. Orang tua harus mau belajar sebelum meminta anaknya melakukan hal yang sama. Mengapa begitu penting? Hanya karena anak-anak cenderung melihat orang tua mereka sebagai panutan mereka.

Hmm, Anda tidak ingin mendengar anak Anda berkata. Untuk menghindari pertanyaan ini, Anda bisa belajar bahasa Inggris sendiri terlebih dahulu. Hal ini akan mendorong anak Anda untuk memiliki sikap positif  terhadap pembelajaran bahasa internasional seperti bahasa Inggris. Apalagi jika Anda tidak ingin belajar bahasa Inggris sendiri, Anda bisa  belajar di rumah bersama  anak Anda. Soalnya, luar biasa kan kalau belajar bahasa Inggris bisa menyatukan keluarga?

  1. Bermain dan Belajar

Membantu anak-anak belajar bahasa Inggris  tidak hanya berarti menempatkan mereka di depan meja mereka. Bagaimana jika Anda  berlangganan layanan bimbingan belajar online untuk membantu anak Anda belajar di rumah? Tentu saja, pembelajaran tidak terkonsentrasi di depan meja belajar. Dapat digunakan saat bermain dan aktivitas lainnya.

Terkadang membantu anak-anak belajar bahasa Inggris  adalah dengan melakukan apa yang mereka sukai dan belajar melalui kegiatan tersebut. Pertanyaannya, apa  yang pertama kali terlintas di benak ketika membicarakan kegiatan yang disukai anak-anak? Saya pikir jawaban atas pertanyaan itu sangat jelas. Ya, jawabannya tidak lain adalah bermain.

Namun, dalam konteks artikel ini, perlu diingat bahwa bermain adalah media bagi anak-anak untuk belajar bahasa Inggris. Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui game mana yang dapat Anda gunakan sebagai media belajar bahasa Inggris dan bagaimana anak Anda dapat menggunakannya. Sebelum  memberikan contoh permainan yang dapat penulis gunakan sebagai media pembelajaran bahasa Inggris, penulis bertanya pada diri sendiri: Apakah anak Anda memiliki perangkat? Jika iya, Anda bisa menanyakan apakah anak Anda sedang mendownload game tersebut ke gadgetnya. Jika demikian, biarkan anak Anda memainkan pengaturan bahasa untuk game yang diunduh dan pilih bahasa Inggris sebagai bahasa pengaturan.

Hmm, apa  yang sedang diproduksi? Bagaimana jika anak saya  tidak mengerti instruksinya? Tidak apa-apa! Pengetahuan berasal dari rasa ingin tahu dan dorongan untuk belajar. Jika mereka tidak  memahami instruksi dalam permainan bahasa Inggris  yang mereka nikmati, mereka akan merasa terdorong untuk mempelajari dan memahaminya untuk memenangkan permainan. Hal ini tentunya akan membuat mereka  terbiasa  mempelajari instruksi bahasa Inggris atau bahkan  memahaminya.

  1. Pilih Cerita pengantar tidur Bahasa Inggris untuk Anak

Apakah Anda masih membaca Cerita pengantar tidur Bahasa Indonesia untuk Anak? Benar-benar baik-baik saja, tetapi Anda mungkin ingin meningkatkan permainan. Bagaimana Anda tertarik? Nah, Anda bisa  mulai membeli buku cerita pengantar tidur bahasa Inggris dan meningkatkan permainan Anda dengan membacakannya untuk anak-anak Anda. Jangan khawatir, penulis tidak  menyarankan anak Anda untuk benar-benar berhenti membaca cerita tidur Indonesia. Namun, penulis menyarankan untuk meluangkan waktu  untuk memperkenalkan bahasa Inggris dengan anak-anak.

Hmm, sudah tahu kan kalau  cerita punya makna besar bagi anak-anak? Kalau nggak tahu, ceritanya bisa bertahan lama di hati, lho. Bahkan,  beberapa  orang dewasa  tidak bisa melupakan detail dongeng pengantar tidur favorit mereka. Tunggu, apakah itu berarti Anda ingat percakapan buku cerita pengantar tidur favorit Anda? Ya, beberapa dialog tak terlupakan.

Dengan membacakan cerita pengantar tidur bahasa Inggris untuk anak-anak? Ya, Anda akan melihat anak Anda ramah terhadap kalimat bahasa Inggris dengan beragam kosakata. Seperti yang saya katakan, terkadang Anda hanya perlu sedikit meningkatkan permainan Anda.

Nah, bagaimana jika anak-anak Anda tidak merasa aman membaca cerita pengantar tidur bahasa Inggris? tidak masalah! Jika  ragu, Anda sebenarnya dapat mencari buku audio dan buku audio  secara online. Percayalah, itu akan berhasil karena anak Anda masih memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan, menyerap, dan memahami kosakata yang terkait dengan teks buku audio.

  1. Berurusan bersama

Membuat hal-hal berantakan sama dengan memiliki anak, bukan? Namun, kekacauan biasanya terjadi ketika Anda membuat sesuatu dengan tangan Anda sendiri. Dalam hal ini, saya katakan anak-anak suka menjadi lebih pintar. Tunggu, apakah ada  contoh konkret dari kegiatan ini? Tentu ada, dan jawabannya adalah membuat  kerajinan tangan. Ya, saya pasti berbicara tentang menempelkan, menempelkan, memotong, melukis, dan banyak lagi.

Sekarang, sebagai orang tua, Anda dapat menemani dan membimbing anak Anda dengan cara yang sama seperti anak Anda membuat  kerajinan tangan. Tentu saja, pemandu bukan satu-satunya pemandu. Anda dapat berkomunikasi dan memberikan instruksi dalam bahasa Inggris. Kemudian, pada titik tertentu, anak Anda akan mencoba memahami apa yang Anda katakan. Jika Anda beruntung, mereka akan menjawab dalam bahasa Inggris!

  1. Minta teman berbahasa Inggris untuk datang

Apakah Anda memiliki teman yang fasih berbahasa Inggris? Sempurna! Anda pasti harus mengundangnya ke rumah Anda. Ini bukan sekadar undangan, tetapi Anda perlu bekerja dengan teman-teman Anda  untuk membuat misi Anda berhasil. Untuk memulai, saya harus mengatakan bahwa ide yang saya usulkan agak rumit, tetapi Anda akan menyukainya. Pertama, Anda perlu memastikan bahwa teman yang Anda  undang ke rumah Anda benar-benar fasih berbahasa Inggris. Dalam hal ini, ajaklah orang-orang yang mungkin tidak bisa berbahasa daerah atau bahasa Indonesia sesering mungkin.

Selanjutnya, Anda perlu memberi tahu teman Anda bahwa dia perlu berbicara  bahasa Inggris saat Anda berkunjung. Ketiga, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat menyertakan anak Anda dalam percakapan bahasa Inggris dengan teman-teman Anda. Mialnya anda cukup mengajak anak Anda  makan  di meja yang sama dengan teman-teman Anda. Sebelum lupa, saya akan senang jika Anda dapat mendorong teman Anda untuk memulai percakapan terlebih dahulu! Anda sudah tahu bahwa anak-anak terkadang bisa sangat pemalu di depan orang baru, bukan?

Singkatnya, inilah lima metode yang dapat digunakan orang tua untuk mendukung proses belajar bahasa Inggris anak mereka di rumah. Setidaknya ada dua hal yang perlu diperhatikan orang tua untuk mendukung proses belajar bahasa Inggris anaknya di rumah. Pertama, orang harus mau belajar bahasa Inggris untuk dirinya sendiri terlebih dahulu. Kedua, orang tua harus bisa menemukan cara-cara kreatif untuk mendukung proses belajar bahasa Inggris anak mereka, seperti yang digambarkan dalam diskusi di atas.