Belajar Bahasa Inggris dengan Lagu untuk Anak

 

  1. Cara Memilih Lagu untuk Belajar Bahasa Inggris

Mempelajari sesuatu dengan baik biasanya menyenangkan. Mendengarkan lagu sangat cocok untuk anak-anak, apalagi jika pembelajaran bahasa itu untuk anak-anak. Oleh karena itu, sangat penting bagi anak untuk memilih lagu favoritnya. Langkah awal dalam pembelajaran adalah mengetahui lagu mana yang cocok  sebagai bahan ajar.

Jenis lagu yang cocok untuk pembelajaran bahasa Inggris  adalah:

  • Bait yang tidak terlalu panjang
  • Tidak terlalu cepat dan bisa bernyanyi
  • Menggunakan kata-kata sehari-hari dalam bahasa Inggris
  • Jangan menggunakan kosakata yang terlalu sulit
  • Semua kata diucapkan dengan jelas

5-12 tahun Disarankan menggunakan lagu yang banyak kosakata berima dan ritme berulang. Lagu-lagu seperti itu memudahkan anak-anak untuk belajar kosa kata baru dan bernyanyi bersama. Anak-anak juga dapat mendengarkan lagu mereka dan mencoba banyak berlatih kosakata baru. Misalnya, beberapa kosakata anak-anak dan jenis kosakata yang dikandungnya adalah:

  • Lagu dengan kosakata angka seperti Ten in the bed
  • Lagu dengan kosakata hewan seperti Old MacDonal had a farm
  • Lagu dengan kosakata warna seperti I can sing a rainbow
  • Lagu dengan kosakata cuaca seperti Incy Wincy Spider
  • Lagu dengan kosakata alat transportasi seperti The wheels on the bus
  • Lagu dengan kosakata arah kanan dan kiri seperti You out your right mitten in
  • Lagu dengan kosakata tindakan sepeti If you’re happy and you know
  • Lagu dengan kosakata bahan material seperti This way we lay the bricks

13 Selama bertahun-tahun untuk anak-anak hingga 18 tahun, belajar bahasa Inggris melalui lagu adalah kesempatan besar untuk menunjukkan minat Anda dalam belajar bahasa dan bersatu. Jika mereka  tertarik pada sebuah lagu, mereka  ingin bisa memahaminya. Namun, perlu diingat bahwa  lagu pop favorit remaja biasanya menggunakan bahasa informal. Penting untuk dipahami bahwa bahasa Inggris digunakan secara berbeda dalam situasi yang berbeda. Misalnya, bahasa Inggris yang digunakan dalam lagu pop mungkin tidak  cocok untuk  penulisan formal.

  1. Latihan Pengucapan

Menyanyi adalah cara yang bagus untuk mempelajari ritme suatu bahasa. Tindakan ini  membantu Anda melihat bagaimana setiap kata terkait dengan kata lain dalam  kalimat. Bahkan penutur asli bahasa Inggris bisa sangat sulit untuk dinyanyikan, jadi ada beberapa cara  untuk membuat lagu lebih mudah diucapkan:

 

  • Temukan lirik atau video musik dari lagu yang Anda nyanyikan dengan anak
  • Baca lirik lagu dengan keras
  • Temukan semua kosakata yang tidak diketahui, lalu cari dalam kamus artinya
  • Dengarkan lagu dan baca liriknya berbarengan
  • Jika sudah siap, kemudian cobalah bernyanyi bersama tanpa melihat lirik
  • Ulangi terus menerus sampai ritme dan lirik tetap di kepala Anda.

Beberapa anak merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris karena mereka malu atau tidak yakin. Bernyanyi dengan orang lain dapat membantu mereka. Ini menciptakan ruang yang aman bagi anak-anak untuk berlatih mengekspresikan diri.

Saat Anda mempelajari bahasa baru, ada banyak suara yang biasanya tidak diucapkan oleh mulut Anda. Dengan bernyanyi, Anda dapat membentuk mulut  dan mendengar suara Anda dengan jelas. Bernyanyi juga  membantu Anda mempelajari cara mengucapkan beberapa kata  dalam bahasa Inggris.

Anak-anak berusia 5-12 tahun harus mencoba menyanyikan lagu-lagu yang menggambarkan suara alfabet Inggris. Metode ini bagus untuk melatih  perbedaan bunyi bahasa Inggris. Anda dapat mencari lagu-lagu tersebut di Keyword Phonics Songs English.

Anak-anak berusia 13-18 tahun harus mencoba mencetak lirik lagu favorit mereka. Garis bawahi beberapa kata. Kemudian perkirakan jumlah suku kata  dalam setiap kosakata yang digarisbawahi. Dengarkan lagunya dan lihat berapa banyak jawaban benar yang Anda miliki. Kemudian cobalah bernyanyi bersama dengan lagu tersebut.

  1. Latihan membaca, menulis dan mendengarkan lagu

Kesempatan  mendengarkan bahasa Inggris  sangat membantu. Hanya memutar musik sambil makan atau di perjalanan. Tetapi untuk benar-benar menguasai bahasa Inggris, anak-anak perlu mendengarkan dengan cermat. Luangkan waktu sejenak untuk benar-benar memahami lirik lagu dan pikirkan apa artinya.

Untuk berlatih mendengarkan dan menulis  lagu, dengarkan dulu. Lagu bisa menjadi inspirasi yang bagus untuk menulis kreatif. Setelah mendengarkan selama 10 hingga 20 detik, hentikan musik. Dengan begitu, anak bisa menggambar apa saja yang dia buat. Ulangi  mendengarkan dan menggambar sampai lagu habis. Di akhir lagu,  anak harus memiliki beberapa gambar yang bisa mereka jelaskan sesuai dengan isi lagu  yang bisa mereka tulis.

Untuk berlatih membaca  lagu,  cetak beberapa lirik  dan bagi menjadi beberapa bagian. Selanjutnya, cobalah untuk mengatur bagian-bagian dengan benar. Dengarkan lagunya lagi untuk melihat kebenarannya.

Selain itu, latihan membaca  lagu dapat digunakan untuk memahami gagasan dan pesan utama teks. Latih pemahaman bacaan ini dengan lirik. Baca liriknya dan pikirkan apa arti dan emosi dari lagu tersebut. Untuk mendengarkan dan melatih lagu, pilih 10 kata dari lagu tersebut. Kemudian mintalah teman Anda untuk menambahkan dua atau tiga kata yang tidak ada dalam lagu tersebut.

Tulis 13 kata secara acak dan lihat daftarnya. Kemudian mainkan lagunya, periksa kata-kata yang  muncul di lagu tersebut.

Ini adalah penjelasan lengkap tentang berbagai  cara belajar bahasa Inggris melalui lagu. Semoga dapat membantu Anda mempelajari bahasa asing  ini dengan cara yang menyenangkan.